Langsung ke konten utama

Resep Bolu Enak dengan Satu Telur

Annyeong Yeorobun! Tulisan kali ini gue akan kasih tau resep dan cara membuat bolu yang simple, tapi dijamin rasanya enak dan gak akan gagal! Proses pembuatan bolu ini pun gak lama, mungkin hanya satu jam dari mulai membuat adonan sampai dengan hasil jadi. Disini gue akan membuat dengan menggunakan Mixer, kalau teman-teman gak ada mixer dirumahnya, bisa diganti dengan Whisk Baloon ya. Hanya saja, kalau gak pakai mixer rasanya saat bolu-nya jadi, ototnya juga jadi. Hahaha. Karena lumayan banget ngaduknya.
Selain itu resep ini hanya membutuhkan 1 butir telur, jadi gak boros seperti membuat brownies atau kue lainnya.
Bahan-bahan yang dibutuhkan sebagai berikut :
Bahan utama bolu
- 50gr tepung terigu
- 1 butir telur
- 30gr gula pasir
- 1 sachet Dancow bubuk putih
- 1 sachet Frisian Flag putih atau susu kental manis
- 1/2sdt tbm/sp
- 1/2sdm baking powder
- 3sdm minyak
- 3sdm air mineral matang

Cara Membuat :
Langkah Pertama
Masukkan 30gr gula pasir, 1 butir telur dan 1/2sdt TBM, aduk hingga adonan berwarna putih. Kuncinya disini, kalau kalian aduknya rata hingga adonan putih, besar kemungkinan bolu-nya berhasil juga.
Proses-nya kurang lebih 15 menit dengan menggunakan kecepatan turbo di mixer. Jadi tergantung juga. Pokoknya sih sampai adonan telur menjadi putih dan mengembang.
Adonan telur, gula dan tbm setelah diaduk selama 15 menit.
Kalau adonan sudah terlihat seperti gambar diatas, baru bisa lanjut ke langkah selanjutnya ya.

Langkah Kedua
Setelah adonan telur mengembang, masukkan 1 sachet susu Dancow dan 1/2sdm baking powder kemudian aduk kembali. Jangan lupa masukkannya sambil diayak ya, supaya gak ada bahan yang menggumpal. Tidak perlu lama, kurang lebih 3-5 menit saja.

Langkah Ketiga
Masukkan 1 sachet susu kental manis Frisian Flag, 3sdm minyak goreng dan 3sdm air mineral. Aduk kembali selama 2 menit. Tahap terakhir yaitu masukan 50gr tepung terigu, aduk hingga rata. Prosesnya juga tidak lama, hanya 5 menit saja sampai adonan bercampur semua.

Langkah Keempat
Oleskan mentega pada loyang kue, gue pakai loyang berukuran 10x15cm. Mentega bisa gunakan apa saja, karena hanya digunakan agar bolu mudah dilepaskan saat sudah matang.
Adonan setelah jadi dan siap untuk dikukus
Rebus air hingga mendidih dan masukan adonan kemudian kukus dengan menggunakan api sedang. Proses mengukus 25-30 menit.
Saat dibuka jangan kaget, karena bolu menjadi sangat mengembang. Saat awal dimasukan ke adonan hanya setengah loyang, setelah dikukus sampe luber melebihi kapasitas loyang. Seneng banget liatnya :')
Bolu setelah dikukus akan mengembang sebesar ini
Tahap terakhir, yaitu masukkan topping. Gue pakai topping Ceres dan parutan keju. Jangan lupa oleskan mentega sebelum topping yaa.

Mudah kan? Hasil bolu tidak keras bahkan empuk banget. Jangan lupa potong bolu sesuai selera. Bahannya juga tidak perlu mahal. Selamat mencoba!
Hasil potongan bolu

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Drakor Februari Bagus Semua! Nonton yang Mana Dulu ya?

Annyeong Yeorobun! Apakabar ni? Semoga sehat selalu yaa 😍  Bulan Februari ini banyak banget drakor on-going dan semua bagus. Ratingnya juga banyak yang meningkat dibanding drama pendahulunya. Kalau temen gue bilang, gue ini pyschopat karena bisa nonton banyak drama sekaligus 😅 Ada beberapa drakor yang udah gue tonton dan lumayan recommend, yuk kita kupas satu-satu! 1. Penthouse 2 : War of Life Drama ini udah pernah gue tulis disini , karena drama ini adalah lanjutan dari season pertamanya. FYI, drama Penthouse Season 1 ngeborong banyak banget penghargaan di SBS Awards 2020. Masih menceritakan tentang perselingkuhan dan juga misteri dari kematian. Bedanya, season pertama mengungkap tentang kematian Anna Lee, untuk season 2 ini akan mengungkap tentang pembalasan dendam atas kematian Shim Su-ryeon, Ibu kandung dari Anna Lee dan juga mantan istri Joo Dan Tae.  Di episode awal season 2 sudah ada misteri tentang jatuhnya salah satu  anak anggota Hera Palace dari tangga sekolahan saat acara

Keliling Madame Tussaude Bangkok, Sensasi Foto bersama Tokoh Dunia

Salah satu artis terkenal Thailand, Pee Mak alias Mario Maurer Hari terakhir di Bangkok, super beraaat ninggalin kota ini. Warganya yang helpful, makanannya yang enak-enak (meskipun banyak banget non halal), baju dan kosmetiknya yang lengkap dan masih vanyak lagi cerita di Bangkok. Flight kami jam 18.10, jadi kami masih punya waktu beberapa jam sebelum penerbangan. Daripada hanya diam di kamar saja, jadi kami memilih untuk mengunjungi tempat yang tidak ada di Indonesia, yaitu Madame Tussaude Bangkok. Lokasinya di Siam Discovery, tidak jauh dari BTS Siam. Cukup berjalan selama 5 menit dari Exit 1. Madame Tussaude ini yaitu salah satu tempat wisata bagi turis dan merupakan miniatur lilin beberapa tokoh besar dari berbagai kalangan, politisi atau President, Artis, Atlet, Seniman, Ilmuwan, dll. Patung lilin ini dibuat semirip mungkin dengan aslinya. Dari tinggi badannya, rambutnya sampai tattonya. Wajah Patung Ir. Soekarno di Madame Tussaude Bangkok Madame Tussaude seb

Thriller sampe Romance, 4 Drama Korea Rekomendasi Ongoing

Setelah sekian lama, akhirnya bisa mengerahkan semangat untuk kembali nulis. Oiya, untuk yorobun yang lagi baca semoga selalu dalam keadaan sehat dan terhindar dari virus Covid-19 ya, Aamiin. Tulisan kali ini, gue akan bahas 4 drama Ongoing yang sedang gue tonton. Tentu ini sangat subjektif, mengingat memang drama-drama yang gue tonton biasanya romance atau comedy. Gue urutkan disini berdasarkan favorit gue ya! 1. 365: Repeat a Year Poster 365: Repeat The Year (Source: Google) Drama 365: Repeat The Year ini tayang di MBC setiap hari Senin dan Selasa. Menceritakan tentang Ga Hyun, seorang penulis webtoon yang mengalami kecelakaan hingga menyebabkan kelumpuhan. Dia adalah seorang penulis terkenal dan juga ambisius. Hyung Joo, seorang detektif yang bekerja di kepolisian dan terbiasa menangani kasus-kasus pembunuhan. Suatu ketika, mantan narapidana yang memiliki dendam di masa lalu dengannya berhasil membunuh senior Hyung Joo di kantor tersebut.  Hyung Joo dan Ga Hyun me